RSS

PROPOSAL

PROPOSAL USAHA BISNIS

 

NAMA          : RIO.NUGRAHA  

NPM            : 011010060

KELAS          : 3 MK B (PAGI) D3

JURUSAN     :MANAJEMEN KEUANGAN DAN PERBANKAN

 

USAHA MARTABAK 99

 

RINGKASAN EKSEKUTIF

Usaha martabak berkah99 merupakan konsep usaha khusus martabak yang dibuat  dari bahan bahan pilihan seperti : terigu,telur,soda kue,gula dan lain lain.martabak tersebut merupakan martabak manis.martabak manis ini memberikan sebuah kenikmatan yang luar biasa.martabak manis memberikan sebuah kelezatan dan gurihnya terasa sehingga menjadi sebuah kenikmatan yang luar biasa.konsep ini dibuat berbeda dengan martabak lainnya.martabak ini bentuknya sangat unik  tetapi agak sedikit sama dengan martabak yang pada umumnya yang dibuat oleh pedagang atau pengusaha.usaha martabak berkah ini menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dengan menggunakan bahan-bahan yang bermerek.martabak tersebut disajikan oleh pegawai terlatih dengan keahliannya.para pegawai tersebut akan menyajikan martabak tersebut dengan mencampur keju dengan susu kaleng,coklat,mentega,kacang dan cita rasa lainnya.dengan berbagai variasi dan keunikan dari martabak tersebut.bergantung tipe martabak yang di pesan.sebagai pelengkap,usaha martabak ini juga menyajikan martabak telor,roti bakar,dan aneka minuman jus.

Warung martabak berkah ini akan dibuka dibogor.tempatnya berada di lokasi strategis seperti kios atau toko yang berada ditengah-tengah keramaian orang banyak ,seperti : di pasar ,dekat perkantoran ,dekat sekolahan dan dekat mal.usaha martabak berkah akan membuka usaha tersebut yang berada di pasar anyar dan dekat perkantoran.

Peluang membuka untuk usaha martabak di tempat perkantoran dan pasar lainnya,masih sangat terbuka karena bagi masyarakat makan martabak sudah menjadi kebutuhan dan martabak ini merupakan cemilan yang mempunyai rasa gurih dan lezatnya terasa nikmat.martabak dinikmati sambil ngobrol dan sedang santai dirumah.yang membedakan martabak ini dengan martabak lainnya yaitu: 

  • layanan konsumen yang baik
  • lokasi yang nyaman
  • produk yang berkualitas dengan bahan pilihan yang berkualitas

 

 

A.KONSEP BISNIS

Usaha martabak berkah 99 merupakan sebuah usaha yang didasarkan pada makanan yang merupakan cemilan yang terdiri dari bahan-bahan pilihan.martabak manis ini memberikan kenikmatan yang luar biasa.martabak manis ini sangat terasa gurihnya dan kelezatan yang luar biasa.

Usaha martabak ini akan dibuka di bogor dan akan di kembangkan di beberapa pasar lainnya.usaha ini sangat berbeda dengan usaha martabak lainnya.usaha martabak manis ini bentuknya unik tetapi hampir sama  seperti martabak pada umumnya yang dibuat oleh pengusaha atau pedagang.dan yang membedakan usaha martabak ini dengan usaha martabak lainnya yaitu usaha ini juga menawarkan aneka minuman jus dan produk lainnya tidak seperti usaha martabak pada umumnya.

Rencana jangka pendek usaha ini akan membuka toko ukuran 250m persegi.di pasar anyar atau dekat perkantoran.rencana jangka menengah usaha martabak ini akan menambah toko yang akan dibuka di kota lain seperti:kota Jakarta.rencana jangka panjang usaha martabak ini menjadi usaha pertama yang membuat usaha martabak dengan berbagai produk yang membuka cabang dimana-mana.

Usaha ini menekankan bahwa peluang membuka usaha martabak di perkantoran dan di dekat sekolah anak-anak masih sangat terbuka karena memakan martabak manis sudah menjadi kebutuhan karena martabak manis ini memberikan kelezatan dan kenikmatan yang luar biasa.

-Layanan konsumen yang baik

Usaha martabak berkah ini akan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dari segi apapun.usaha martabak berkah ini harus bersikap ramah kepada konsumen.akan berkomunikasi baik dan lancar dengan konsumen.

-lokasi yang nyaman

Usaha martabak berkah ini akan membuka usaha yang berada disuatu tempat yang sejuk dan nyaman agar konsumen betah dan nyaman.

-produk yang berkualitas

Usaha martabak berkah ini akan memilih bahan-bahan yang berkualitas agar produk martabak berkah ini dapat dinikmati dan diterima oleh masyarakat sekitar.sehingga konsumen tertarik dengan berbagai produk yang ditawarkan oleh usaha martabak berkah.

B.PRODUK YANG DITAWARKAN

Meskipun menu utama yang ditawarkan adalah martabak manis tetapi usaha ini juga menawarkan menu lainnya sebagai pelengkap.

*menu martabak manis

Usaha martabak manis merupakan makanan asli dari Indonesia.menu ini disajikan dengan berbagai bahan-bahan pilihan seperti:terigu,mentega ,soda kue,gula,telur dan lain-lain.menyajikan martabak tersebut dengan berbagai rasa seperti:rasa coklat,coklat-kacang,strawberry,susu,dan keju-susu.dengan berbagai keunikan lainnya tergantung tipe martabak manis yang di pesan oleh pelanggan atau konsumen.martabak manis ini disajikan dalam bentuk hangat.

Selain itu pelanggan atau konsumen bias memesan yang diinginkan rasa campuran special.untuk memproleh komplitnya berbagai rasa dari martabak manis tersebut.

*menu lainnya

Menu lain yang ditawarkan adalah

-roti bakar dengan berbagai rasa seperti:coklat,keju,susu,strawberry,nanas dan lain-lain.

-martabak telor

-aneka minuman jus seperti:jus apel,jus tomat,jus sirsak,jus alpukat,jus wortel,jus mangga dan jus lainnya.

 

C.HARGA

Harga yang ditawarkan kepada konsumen kompetitifdan harganya dapat dijangkau oleh konsumen.

DAFTAR HARGA

*MARTABAK MANIS

  • Rasa coklat                                                    10000
  • Rasa keju                                                       12000
  • Rasa strawberry                                             10000
  • Rasa coklat-kacang                                        11000
  • Rasa susu                                                        9000
  • Rasa keju-susu                                               15000
  • Rasa special                                                   17000

 

*MARTABAK TELOR

  • Martabak telor ayam                                    11000
  • Martabak telor bebek                                   13000
  • Martabak telor special                                  18000

*ROTI BAKAR

  • Rasa coklat                                                    9000
  • Rasa strawberry                                             8000
  • Rasa nanas                                                    8000
  • Rasa susu                                                       7000
  • Rasa keju                                                       9000

*MINUMAN JUS

  • Jus alpukat                                                     7000
  • Jus sirsak                                                        6000
  • Jus tomat                                                        5000
  • Jus mangga                                                    6000
  • Jus apel                                                          6000
  • Jus wortel                                                       5000
  • Jus strawberry                                                7000

 

 

 

 

 

D.PERSEDIAAN DAN PEMASARAN

Strategi pemasaran manejemen adalah menciptakan merek yang berkualitas ,mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi yang direncanakan dan produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Strategi ini meliputi hal-hal berikut:

  • Memberikan sampel gratis agar konsumen dapat mencoba rasa hari ini
  • Melatih karyawan dan mendidik karyawan agar melayani konsumen dengan ramah dan baik
  • Memberikan kemasan atau bungkusan yang unik dan gambar logo yang lucu dan unik

E.LAYANAN PELANGGAN

– karyawan akan diberikan pelatihan khusus tentang untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen.

– karyawan akan menggunakan seragam yang unik ,rapih dan bersih.agar konsumen dapat tertarik dan senang dengan seragam karyawan.

– karyawan diberikan pelatihan agar karyawan bisa berkomunikasi dengan baik dengan para pelanggan dan konsumen.

F.DESAIN TEMPAT USAHA

Tempat usaha martabak berkah akan dirancang seunik mungkin.dengan suasana yang nyaman ,simpel,bersih dan bergaya.dan manajemen akan memilih orang yang handal untuk merancang konsep tersebut.

G.LOKASI DAN PILIHAN WILAYAH

 – manajemen akan memilih lokasi yang strategis seperti:dekat perkantoran,dekat mall dan dekat pasar.tempatnya mudah dijangkau oleh pelanggan dan konsumen.

– pilihan tempat di dekat pasar anyar dan membuka cabang dekat perkantoran yaitu jalan pajajaran dan rencana membuka cabang diluar bogor yaitu di Jakarta.

 

 

H.PASOKAN BARANG DAGANGAN

– bahan-bahan pilihan untuk martabak manis ,roti bakar,martabak telor dan aneka minuman jus.

-kudapan penunjang

I.OPERASI GERAI DAN MANAJEMEN

– tempat usaha atau gerai akan dioperasikan oleh satu manajer dan 1 sampai 6 karyawan yang bekerja.

III.PASAR

Manajemen mempertimbangkan sumber pasar yaitu:

  • Pasar sembako
  • Pasar swalayan grosir

perlu dipahami pula segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran usaha martabak berkah ,perilaku konsumen dan positioning yang akan digunakan usaha martabak berkah.

*SEGMENTASI PASAR

Berdasarkan studi lowed an majalah SWA(tahun 2005) segmentasi pasar Indonesia dapat dibagi menjadi 8 segmen,yaitu:

  • Segmen 1:pasrah/introvert wallflower(8,1%)

Ciri-ciri :wanita,usia matang berpendidikan rendah dan tinggal di daerah.umumnya tidak punya banyak keinginan dan tidak terlalu optimis terhadap masa depan.

  • Segmen 2:gaul glam/the networking pleasure seeker (11%)

Ciri-ciri :wanita,usia matang yang sangat terbuka, suka bergaul dan penuh gairah,tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat social ekonomi A+.mereka sangat materialistis dan memiliki harta/benda adalah puncak kebahagian hidup.sisi menarik segmen ini adalah mereka percaya bahwa pertemanan adalah investasi.di mata mereka,pertemanan lebih seperti membuat jejaring daripada membangun ikatan.sehingga bagi mereka,pengakuan diri itu ada jika mereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya.

  • Segmen 3:orang alim/confident establish(5,2%)

Ciri-ciri :pria,usia matang,berpendidikan tinggi,dan tinggal di daerah perkotaan.mereka sangat percaya diri dan berkarakter kuat, menyukai kedamaian dalam kehidupan sosialnya,sangat normatif,dan suka menolong.

  • Segmen 4:ibu-ibu PKK /the optimistic family person (13,5)

Ciri-ciri :wanita,usia matang dari daerah rural dengan status social-ekonomi rendah,hidup dengan bersahaja,realistis,kekeluargaan, dan normatif.mereka menyukai masak sebagai hobi ,tidak sekadar kewajiban.hidup diabdikan untuk keluarga,tidak materialistis.keluarga adalah segalanya.

  • Segmen 5:anak nongkrong /the change expect lad (10,5%)

Ciri-ciri :usia muda,laki-laki,tinggal di daerah urban,status social-ekonominya menengah-bawah.karakter mereka:hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya),konsep yang dianut:all is one and one is all.

  • Segmen 6:lembut hati /cheerful humanist(12,1%)

Ciri-ciri : wanita muda dari daerah pedesaan dengan tingkat social-ekonomi rendah,cenderung tidak suka menjadi pusat perhatian,walaupin diterima dilingkungannya.menyukai lingkungan damai penuh harmoni,sangat menaruh perhatian,dan berempati pada lingkungan dan orang-orang di sekitarnya.tidak mementingkan materi dan selalu ingin di butuhkan lingkungan serta menyenangi kebersamaan.

  • Segmen 7:main untuk menang /the savvy conguer (16%)

Ciri-ciri : pria matang berpendidikan,di daerah perkotaan ini sangat menikmati hidup lugas,selalu mencapai kejayaan .sangat menyukai kompetisi dan cenderung dominan dalam pergaulan.senang fashion,menikmaticuisine,dan gemar melihat iklan .keinginan dasar mereka adalah dimanja materi dan barang-barang yang dipunyai,suka disanjung dan dipuja,serta supel dan penuh energi.

  • Segmen 8:bintang panggung /the spontaneous fun loving (13,6%)

Ciri-ciri :wanita dari daerah perkotaan dengan status social-ekonomi tinggi,senang menjadi pusat perhatian,suka bergaul,suka pamer,dan menyenangi aktivitas di luar rumah,seperti pesta dan kumpul-kumpul.mereka menyukai hal-hal yang sedang menjadi tren,seperti fashion dan gadget,serta sangat menikmati hidup.bagi mereka,materi adalah alaat untuk memenuhi tuntutan gaya hidup,sanjungan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri,serta kelompok menjadi alat mencapai kepopuleran.

 

Segmentasi pasar yang digunakan usaha martabak berkah yang bisa dijadikan sasaran usaha martabak berkah adalah segmen the savvy conguer dengan jumlah 16%.

*PERILAKU KONSUMEN

Salah satu ciri dari perilaku konsumen di indonesia,khususnya di masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman ,kerabat maupun rekan kerjanya.tempat berkumpul di kafe atau di rumah dan perilaku konsumen juga adalah suka ingin mencoba makanan atau cemilan yang lezat.dan mencoba sesuatu hal yang baru.

Perilaku konsumen seperti demikian menjadi sebuah peluang yang sangat baik bagi usaha martabak berkah.

 *POSITIONING

agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya ,usaha martabak berkah merancang sebuah strategi positioning yang menarik.

*beberapa laporan positioning bisa digunakan yaitu :

  • Usaha martabak berkah :”martabak berkah99 memang enak dan lezat”
  • Usaha martabak berkah:”menikmati enak dan lezatnya dengan martabak berkah”

 

IV.PELANGGAN

Pasar sasaran usaha martabak berkah adalah pegawai,ibu-ibu,dan anak-anak.baik yang manula maupun yang muda hingga anak-anak.usia anak-anak hingga manula dengan kelas social yang biasa,menengah dan menengah ke atas,tempat akan berlokasi yang mudah dijangkau oleh kalangan masyarakat.

 

 

V.PERSAINGAN

Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk,layanan,pengenalan nama merek dan tempat lokasi.

Usaha martabak berkah akan bersaing langsung dengan sesama usaha martabak lainnya seperti:(martabak air mancur,martabak singgalang,martabak bolu mirah,dll)

VI.MANAJEMEN

Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:

  • Profesionalisme
  • Keahlian dalam hal keuangan ,manajemen dan computer
  • Atribut-atribut pribadi seperti:ambisi,inisiatif,kreatif,optimis dan percaya diri

VII.PROYEKSI KEUANGAN

MODAL

Ringkasan modal adalah sebagai berikut:

  • Biaya sewa warung (untuk 1 tahun)                                             Rp10.000.000
  • Biaya perancangan                                                                      Rp15.000.000
  • Peralatan                                                                                      Rp10.000.000
  • Bahan lainnya                                                                               Rp10.000.000 +                                                                                                                            Rp45.000.000

*PENJUALAN

Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 150 orang setiap hari berkunjung untuk tiga bulan pertama.

*PRODUCT MIX

Manajemen berasumsi bahwa 70% konsumen membeli produk martabak manis dan 30% membeli produk lainnya seperti: roti bakar,martabak telor dan aneka minuman jus.

 

*GAJI

Manajemen  akan membayar gaji manajer sebesar Rp30.000.000 per tahun.karyawan akan di gaji sebesar Rp700.000 per bulan.

*KINERJA KEUANGAN

Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut:

  • Gross margin                               75%
  • Operating sales                           20%
  • Operating interest                       200%
  • Operating investment                  30%

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: